SEMARANG – Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai wilayah, menyebabkan dua kereta api (KA) jarak jauh yang berangkat dan datang atau dari dan ke Semarang batal beroperasi. Terhitung mulai 23-30 April 2020, perjalanan KA Harina dan Kertajaya dibatalkan.

Kali ini Kota Bandung memberlakukan PSBB mulai 22 April 2020 yang menjadikan pertimbangan pembatalan KA Harina relasi Surabaya Pasar Turi-Bandung PP, transit dan melewati Semarang. Pembatalan juga dikarenakan okupansi yang rendah.

Demikian pula dengan KA Kertajaya relasi Surabaya Pasar Turi-Jakarta Pasar Senen transit di Semarang juga akan dibatalkan mulai Jumat (24/4/2020) hingga akhir bulan, dengan pertimbangan yang sama yakni okupansi penumpang rendah.

“Sampai saat ini, jumlah KA yang sudah dibatalkan perjalanannya baik yang pemberangkatan awal atau pun yang melewati Daop 4 Semarang sebanyak 68 perjalanan KA,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro, Rabu (22/4/2020).

Dia menambahkan, jumlah KA yang batal berangkat dengan rincian KA produk Daop 4 Semarang sejumlah 28 perjalanan. Sedangkan KA yang melintas dari Daop lainnya sejumlah 40 perjalanan.

“Namun perjalanan KA Maharani tujuan Surabaya keberangkatan pukul 12.02 WIB dan Kaligung tujuan Tegal keberangkatan pukul 05.00 WIB dan 16.35 WIB masih dioperasikan,” katanya. (Ars)

Selamat Hari Pahlawan

BERI TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here