TEMANGGUNG – Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMP di Kabupaten Temanggung berlangsung lancar. Sebanyak 451 sekolah telah melaksanakan PPDB Tahun Ajaran 2020-2021. Rinciannya, 409 Sekolah Dasar (SD) dan 42 Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Temanggung, Ujiono menjelaskan, dari jumlah tersebut, 204 SD Negeri dan 42 SMP Negeri melaksanakan PPDB secara online, untuk meminimalisasi kontak langsung antara petugas dengan siswa atau wali murid saat melakukan pendaftaran.

Pihaknya mencatat, sebanyak 8.402 orang calon siswa baru telah mendaftar PPDB yang dilaksanakan pada 15-19 Juni 2020, dengan rincian 3.919 orang calon siswa SD, dan 6.483 orang calon siswa SMP. Data tersebut merupakan jumlah siswa yang mendaftar di sekolah negeri di Kabupaten Temanggung, belum termasuk siswa yang mendaftar di sekolah swasta.

Menurutnya, untuk melakukan pendaftaran, calon siswa mendaftar mandiri secara online melalui website PPDB Temanggung. Jika tidak memungkinkan, pendaftaran bisa difasilitasi oleh operator sekolah masing-masing.

“Pendaftar bisa difasilitasi oleh operator di sekolah masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan,” ungkap Ujiono, Rabu (24/6/2020).

Setelah tahap pendaftaran selesai, lanjutnya, dilakukan verifikasi berkas tanpa melalui tatap muka. Verifikasi dilakukan dengan membawa berkas yang diperlukan ke sekolah tujuan. Kemudian berkas dimasukkan ke dalam kotak yang telah disediakan oleh petugas pendaftaran di sekolah masing-masing, sehingga pendaftar dan petugas tidak bertemu langsung.

Ujiono menambahkan, Dindikpora Kabupaten Temanggung juga menyediakan ruang konsultasi bagi siswa atau wali murid yang mengalami kesulitan saat melakukan pendaftaran, dengan tetap menggunakan protokol kesehatan.

Dalam hal penyediaan fasilitas server untuk PPDB online, Dindikpora Kabupaten Temanggung berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung.

Sampai dengan pengumuman PPDB pada Senin (22/6/2020), tidak ada kendala secara teknis pada server PPDB, hanya saja beberapa wilayah di Kabupaten Temanggung mengalami susah sinyal atau blank spot.

“Karena menggunakan internet, tidak semua daerah internetnya lancar,” imbuh Ujiono.

Untuk mengantasi hal tersebut, Dindikpora Temanggung menginstruksikan ke sekolah-sekolah untuk bisa mengakomodasi pendaftaran, sehingga siswa bisa datang ke sekolah untuk melakukan pendaftaran.

“Untuk jadwal masuk sesuai Kalender Pendidikan (Kaldik) pada 13 Juli 2020, tetapi nanti disesuaikan mengawali tatap muka atau tidak, karena kasus Covid-19 di Temanggung saat ini masih tinggi,” jelasnya. (hms/why)

DPRD Kota Semarang Dirgahayu Republik Indonesia ke 75

BERI TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here