KEBUMEN – Berbelanja pelbagai produk asli buatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kebumen kini makin mudah dilakukan tanpa harus datang ke sana. Caranya dengan mengakses aplikasi Simbok Blonjo lewat laman blonjo.kebumenkab.go.id, mendaftar sebagai pengguna, lalu memilih produk yang diinginkan.

Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz membeberkan, ada beraneka ragam produk UMKM yang bisa dibeli melalui Simbok Blonjo, di antaranya bahkan telah dijual di sejumlah pasar modern atau swalayan. Ada makanan dan minuman kemasan, seperti kopi, sate ambal, tiwul, gula semut, jahe bubuk. Selain itu, ada pula kerajinan tangan berupa anyaman bambu, tas pinggang, dan aneka suvenir lainnya.

Lebih lanjut dikatakan, aplikasi Simbok Blonjo sengaja dibuat sebagai tempat belanja sekaligus promosi aneka produk UMKM Kebumen.

“Dengan aplikasi ini jaringan pasar jadi semakin luas dan dapat dikenal masyarakat di mana pun berada, sehingga dapat membantu meningkatkan penjualan yang nantinya bisa memberikan kesejahteraan,” kata Bupati Yazid, saat meluncurkan aplikasi “Simbok Blonjo”, di halaman Gedung Dekranasda, Kebumen, Jumat (7/8/2020).

Bupati juga berterima kasih kepada pengelola jaringan Alfamart dan Indomaret, yang telah memberi peluang bagi pelaku UMKM untuk memasarkan aneka produknya di gerai mereka.

“Diharapkan kerja sama ini tak hanya untuk pasar lokal, namun juga pasar nasional,” harap bupati.

Sedangkan untuk dinas terkait, bupati mengimbau agar terus memberikan kemudahan dalam perizinan usaha, serta membantu meningkatkan kualitas dan pemasaran produk UMKM.

“UMKM merupakan ujung tombak perekonomian daerah maupun nasional. Karenanya, harus terus didorong pengembangannya. Hal ini agar dapat memberikan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat Kebumen,” ujarnya. (hms/why)

Selamat Hari Pahlawan

BERI TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here