SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi dua tempat vaksinasi di Kota Semarang untuk memastikan kelancaran pemberian vaksinasi, Rabu (3/3/2021). Untuk tahap ini vaksinasi juga mulai diberikan kepada para lanjut usia.

Tempat yang dikunjungi adalah RS Bhakti Wiratamtama Semarang. Rumah sakit tersebut dijadikan tempat untuk vaksinasi anggota TNI yang bertugas di lapangan, termasuk Babinsa dan anggota TNI non tenaga kesehatan (nakes). Dan vaksinasi bagi mereka sudah dimulai.

“Tapi pagi ini bersamaan dengan acara seluruh pasukan yang ada di depan, yaitu kegiatan gugur gunung bareng panglima. Jadi kerja bakti semua, setelah kegiatan itu akan segera digelindingkan, karena kemarin yang TNI khusus itu screening-nya di awal. Sebenarnya bagus juga screening di awal sehingga datang tinggal disuntik saja atau tensi,” katanya, usai melihat pemberian vaksinasi di RS Bhakti Wiratamtama.

Setelah dari RS Bhakti Wiratamtama, Ganjar langsung menuju RSUD Tugurejo. Di lokasi tersebut dilakukan vaksinasi untuk pelayan publik dan masyarakat, termasuk lansia. Ganjar juga menyempatkan untuk berdialog dengan beberapa penerima vaksin.

“Mudah-mudahan, sudah dicek juga dari kepolisian dan TNI lancar, terus yang di masyarakat juga sudah mulai,” katanya.

Ganjar menyampaikan pesan dari Menteri Kesehatan agar masyarakat bisa antre dan bersabar untuk mendapat giliran vaksinasi. Pengiriman vaksin akan dilakukan secara bertahap dan terus-menerus. Saat ini yang menjadi prioritas penerima vaksin adalah pelayanan publik dan lansia.

“Hari ini kami prioritaskan pada pelayanan publik dan lansia. Sekali lagi, pelayanan publik dan lansia. Jadi kalau ada lansia boleh diprioritaskan tetapi tolong yang lain antre dulu, Insyaallah tidak lama lagi vaksin akan dikirim lagi agar kita bisa melakukan percepatan,” jelasnya.

Ditambahkan, vaksinasi kepada lansia di Jawa Tengah sudah dimulai. Di beberapa tempat seperti di Pati, vaksinasi juga sudah dilakukan di pasar, termasuk para lansia di pasar. Begitu halnya di Surakarta dalam pemberian vaksin juga sudah memprioritaskan lansia.

“Kemarin para tokoh agama juga kontak ke saya minta dibantu. Dari sekian list yang masuk itu dipilih. Mohon maaf kami bisa membantu tetapi yang lansia dulu sehingga kemarin tokoh agama yang lansia bisa didahulukan. Kemarin sudah ada dari Majelis Ulama, Gus Mus juga sudah, ada Bikshu, Romo, dan Pendeta kita vaksin jadi urut-urutan prioritasnya itu,” katanya. (hms/why)

Selamat Hari Pahlawan

BERI TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here