SEMARANG – Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro (Undip) melaksanakan kegiatan pengabdian di daerah Bendan Duwur, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang. Tepatnya di UMKM “Nayyara Creation”.

Tim Pengabdian dari Undip terdiri dari Dessy Ariyanti ST.,MT.,PhD, Prof Dr Andri Cahyo Kumoro ST., MT, Dr Dyah Hesti Wardhani ST., MT dan Ir Diah Susetyo R. MT.

Undip, khususnya Fakultas Teknik secara konsisten terus mengupayakan implementasi Sustainable Development Goals yang merupakan aksi global guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

Khusus untuk tujuan perlindungan lingkungan yang terangkum dalam tujuan SDGs 12 yaitu memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan, pengelolaan sampah menjadi salah satu poin utamanya.

Oleh karena itu, tim pengabdian Teknik Kimia Undip berupaya untuk membantu elemen-elemen masyarakat yang bergerak di bidang pengelolaan sampah.

Beberapa UMK dan UMKM di Kota Semarang sudah berfokus pada pengelolaan sampah plastik. Inisiatif mereka patut diapresiasi dalam upaya mengurangi beban sampah plastik di lingkungan sekitar.

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab dan kontribusi yang dapat diberikan oleh Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Undip kepada masyarakat Kota Semarang,” ujar Dessy Ariyanti selaku Ketua Tim Pengabdian kali ini.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Hadir sebagai perwakilan tim Undip Dr Dessy Ariyanti menyampaikan kepada perwakilan UMK Nayyara Creation pengetahuan mengenai pengolahan limbah plastik, dan teknik pemasaran online serta bantuan peralatan operasional guna pengembangan produk daur ulang plastik UMK Nayyara Creation.

Bantuan sembako juga diberikan untuk meringankan beban para anggota UMK Nayyara Creation.

Selain itu, tim Undip juga mengkampanyekan program untuk mengurangi penggunaan plastik dalam upaya membantu pemerintah dalam mengatasi pencemaran lingkungan dengan 3 R (reduce, reuse, recycle)

Ketua UMK Nayyara Creation, Yuli Mujiasih mengucapkan terima kasih kepada Tim Pengabdian Undip atas sharing pengetahuan dan juga bantuan peralatan yang diberikan.

“Bantuan ini sangat berguna bagi pengembangan kegiatan di UMK Nayyara Creation,” ujarnya. (Ars)

hidup 100% di era new normal sadar sehat produktif dan bahagia tanpa narkoba

BERI TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here