PURWOREJO – Bagi keluarga yang terdapat orang dalam pantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mendapat bantuan sembako. Bantuan disalurkan langsung oleh pemerintah setempat.

Bupati Purworejo, Agus Bastian menuturkan, bantuan itu untuk mengurangi beban keluarga yang terdapat ODP dan PDP.

Dipastikannya, bantuan itu bukan bersumber dari APBD, melainkan dari bantuan Dompet Peduli Covid-19 yang digalang oleh Korpri Kabupaten Purworejo. Selain itu, juga masih ada sisa saldo dari dompet peduli Purworejo yang ada di BPBD sekitar Rp 100 juta.

“Besok sudah mulai berjalan. Ini merupakan langkah awal kita agar ODP maupun PDP dapat terus tetap bertahan di rumah, sekaligus untuk mengatasi wabah penyakit Covid-19,” kata Agus, Selasa (31/3/2020).

Agus menambahkan, bantuan akan diberikan sampai masa tanggap darurat selesai. Untuk isi paket bantuan terdiri dari beras sebanyak 20 kg, 30 bungkus mi instan, 2 kg telur, 1 kg gula pasir dan 1 liter minyak goreng.

“Khusus bagi keluarga yang memiliki bayi, akan diberikan bantuan susu,” ungkapnya.

Ketua Korpri Kabupaten Purworejo Sukmo Widhi Harwanto yang turut hadir menjelaskan, Dompet Peduli Covid-19 Korpri Kabupaten Purworejo baru dibuka per hari ini (31/3/2020) dan telah terkumpul dana sebesar Rp. 30 juta.

Ia memastikan, penggalangan dana dari anggota Korpri ini dipastikan akan terus bertambah, karena bupati telah mengeluarkan surat edaran yang mengimbau anggota Korpri Purworejo turut menyumbang untuk penanganan Covid-19 ini.

“Untuk besarannya bervariasi mulai eselon II sebesar Rp 1 juta hingga ASN Gol I & II Rp 50 ribu,” terangnya.

Bagi yang akan menyumbang bisa disetor ke rekening Bank Jateng atas nama Korpri Kabupaten Purworejo nomor rekening: 2-020-12343-8 paling lambat Kamis (9/4/2020).

“Hasil dari pengumpulan sumbangan ini nantinya akan diserahkan ke Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo. Ini sebagai upaya kami dalam membantu masyarakat dan pemerintah,” tandasnya. (hms/why)

Selamat Hari Santri Nasional

BERI TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here