WONOSOBO – Warga Amerika Serikat (AS) baru-baru ini dihebohkan dengan temuan ikan berkepala ular (snakehead) di kolam Gwinnett, Georgia.

Atas temuan tersebut Pemerintah Georgia memerintahkan warganya untuk membunuh ikan tersebut begitu menemukanya.

Beda dengan Amerika, ikan berkepala ular (snakehead) dikenal di Indonesia dengan sebutan ikan kutes atau kutuk atau gabus, yang dikenal sebagai salah satu ikan predator air tawar.

Ikan kutes memang sudah banyak ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia, dengan geografis lahan gambut seperti wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Beda Amerika dengan Wonosobo. Ketika AS memerintahkan warganya untuk membunuh ikan kutes jika menemukanya, di Wonosobo ikan kutes justru dijadikan kontes dan lelang. Bahkan sudah berdiri sebuah komunitas pecinta ikan kutes yaitu Wonosobo Snakehead Community (WSC).

Anjar Agus Setiawan selaku pendiri sekaligus Ketua Wonosobo Snakehead Community (WSC) mengatakan, komunitas ini baru berdiri satu tahun, tepatnya pada 3 Februari 2019.

“Tujuan dibentuknya komunitas ini memang untuk melestarikan ikan kutes. Selain itu banyak rekan-rekan yang ingin sharing tentang bagaimana perawatan hingga membentuk corak warna, akhirnya kita bentuk komunitas sebagai tempat sharing,” katanya.

Awalnya, lanjut Anjar, penasaran kenapa ikan kutes ini mahal. Waktu itu ia membeli seharga Rp 250 ribu dengan jenis red maru borneo ukuran 15 cm. Kemudian ada temannya yang main ke rumah lalu dibeli seharga Rp 300 ribu

“Berawal dari modal Rp 300 ribu itu saya beli yang masih kecil-kecil. Akibat tersebar dari mulut ke mulut banyak pembeli dan kemudian berdiri sebuah komunitas yang saat ini berjumlah sekitar 60 orang yang tersebar di wilayah Kabupaten Wonosobo,” terangnya.

Dengan berdirinya komunitas WSC, banyak anggota yang memiliki ikan dengan corak yang berbeda-beda, akhirnya diadakan kontes dengan kriteria Corak, Panjang dan Tingkat Agresif.

Selain diadakan kontes, komunitas ini juga melakukan lelang pada saat acara kopdar sekaligus syukuran 1 tahun berdirinya komunitas, Minggu (23/2/2020) yang diadakan di kediaman rumah Ketua WSC, Anjar Agus Setiawan yang beralamat di Kepil, Kabupaten Wonosobo.

Adapun daftar ikan kutes yang dilelang adalah sebagai berikut:

. 5 ekor Kutes dengan jenis Yellow Sentarum ukuran 7-8 cm
. 6 ekor Kutes dengan jenis Pulcra ukuran 4-5 cm
. 1 ekor Kutes dengan jenis Orcha ukuran 9 cm
. 2 ekor Kutes dengan jenis Red Sentarum ukuran 7-8 cm
. 1 ekor Kutes dengan jenis Asiatika ukuran 10 cm
. 1 ekor Kutes dengan jenis Red Sebangau ukuran 7-8 cm
. 1 ekor Kutes dengan jenis Red Seruyan ukuran 7-8 cm
. 2 ekor Kutes dengan jenis Maru Sentarum ukuran 13 cm
. 4 ekor Kutes dengan jenis Maru Sentarum jambi ukuran 11 cm
. 5 ekor Kutes dengan jenis Maru Borneo red eyes ukuran 18 cm
. 1 ekor Kutes dengan jenis Maru Sentarum Jambi ukuran 13 cm
. 2 ekor Kutes dengan jenis Maru Borneo Ukuran 13 cm. (Ars)

10 TANGGAPAN

BERI TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here