WONOSOBO – Pemerintah Kabupaten Wonosobo akan membebaskan tagihan air PDAM Tirta Aji bagi pelanggan rumah tangga golongan satu dan dua (R1 dan R2), mulai bulan Mei hingga Juli 2020 mendatang.

Kebijakan tersebut dikeluarkan demi meringankan beban warga yang kian berat di tengah merebaknya wabah Corona Virus Desease (Covid-19).

Bupati Wonosobo, Eko Purnomo menyatakan Pemkab telah mengalokasikan anggaran subsidi air untuk warga.

“Jumlah pelanggan yang akan menikmati subsidi mencapai 86 ribu (KK) atau 89% dari total 96 ribu pelanggan PDAM Tirta Aji di Kabupaten Wonosobo,” terang Bupati ketika ditemui seusai penyerahan bantuan 50 unit masker dan termometer inframerah untuk Kelurahan Kejiwan, Selasa (21/4/2020).

Selain R1 dan R2, Bupati menyebut, pembebasan tagihan air juga diberikan kepada golongan sosial seperti mushola, masjid, pondok pesantren serta tempat ibadah lainnya. Sementara, bagi rumah tangga golongan tiga dan empat (R3 dan R4) hanya diberikan keringanan tagihan sebesar 20%.

“Anggaran subsidi yang dialokasikan untuk keringanan tagihan air ini mencapai Rp2,4 milyar, dan bisa menjangkau sampai pelanggan golongan R3 dan R4, meski tidak 100%,” ungkap bupati.

Menambahkan keterangan Bupati, Direktur Utama PDAM Tirta Aji, Muhamad Sjahid mengungkapkan kebijakan Pemkab tersebut sejalan dengan semangat Tirta Aji sebagai Badan Usaha Milik Daerah, yakni berupaya memberikan layanan terbaik bagi warga masyarakat Wonosobo.

“Adanya subsidi dari pemerintah daerah ini tentu akan sangat membantu pelanggan kami, terutama yang terkena dampak secara sosial ekonomi akibat kebijakan pembatasan pergerakan demi menekan laju penyebaran Covid-19,” tandasnya. (hms/why)

hidup 100% di era new normal sadar sehat produktif dan bahagia tanpa narkoba

BERI TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here