BREBES – Wakil Bupati Brebes, Narjo, memastikan ketersediaan sembilan bahan pokok (sembako) di Kabupaten Brebes dalam kondisi aman. Hal tersebut disampaikan Narjo setelah melakukan inspeksi mendadak di beberapa tempat, Senin (23/3/2020).

Dari hasil pantauan langsung di gudang Bulog, stok beras masih cukup memenuhi kebutuhan masyarakat Brebes, setidaknya untuk dua sampai tiga bulan ke depan. Stok bawang merah dan bawang putih yang ada di gudang wilayah Kecamatan Wanasari juga masih memadai.

Dirinya menyampaikan, dari hasil sidak yang dilakukan, pada prinsipnya semua kebutuhan pokok masih tersedia dengan jumlah yang cukup aman.

“Masyarakat tidak perlu panik melakukan pembelian yang berlebihan. Belilah bahan pokok sewajarnya karena ketersediaan masih cukup,” himbau wabup, mengutip Jatengprov.go.id.

Masyarakat juga diminta agar mematuhi seluruh himbauan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah terkait pencegahan wabah virus corona.

Kapolres Brebes, AKBP Gatot Yulianto menegaskan, akan menindak tegas pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dalam hal pembelian sembako.

“Jangan sampai ada yang melakukan penimbunan barang-barang yang dibutuhkan masyarakat,” tandas Gatot.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk mematuhi Maklumat Kapolri tentang pelarangan segala bentuk keramaian, pengumpulan massa baik itu kegiatan sosial, keagamaan maupun hiburan.

“Masyarakat diharuskan bertindak bijak demi kebaikan bersama, dalam menghadapi situasi timbulnya wabah corona,” ajak Gatot.

Kapolres bahkan tidak segan menegur pasar swalayan yang ada di Brebes agar menerapkan protokoler kesehatan pencegahan Covid-19.

“Pasar swalayan diharuskan melakukan cek suhu tubuh serta memastikan cuci tangan menggunakan hand sanitizer bagi para konsumen maupun karyawan sebelum dan sesudah masuk swalayan,” pungkas Gatot. (hms/why)

hidup 100% di era new normal sadar sehat produktif dan bahagia tanpa narkoba

BERI TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here