DEMAK – Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) berencana melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Demak terkait persiapan program studi di luar kampus utama (PSKDU) PNJ.

Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan PNJ Mulyo Utomo menjelaskan, sesuai kebijakan dari pusat, pada 2020 seluruh Akademi Komunitas Negeri (AKN) di Indonesia sudah ditutup dan diganti dengan PSDKU. Di Demak sendiri ada 2 program lanjutan yang akan di adopsi menjadi PSKDU, yakni D4 atau sarjana terapan MICE (pariwisata) dan D3 teknik mesin.

“Nantinya ada dua program yang diadopsi dari AKN, yaitu D4 jurusan pariwisata dan D3 jurusan teknik mesin,” terangnya saat memaparkan persiapan program studi di luar kampus utama (PSKDU) PNJ di Pendapa Kabupaten Demak, Jumat (25/9/2020).

Mulyo memastikan, PSDKU PNJ sama dengan kuliah di PNJ langsung, baik dari segi kurikulum maupun perangkatnya.

Rencananya, lanjut Mulyo, PSDKU Demak akan membuka pendaftaran mulai 2020 sampai 2021 dan akan membuka kelas regular, satu kelas teknik mesin dan satu kelas pariwisata, dengan target minimal mahasiswa sebanyak 30 sampai 35 orang.

“Jika ke depannya kelas mengalami perkembangan, kita akan tambah lagi target mahasiswanya,” ungkapnya.

Ditambahkan, dengan adanya PSDKU diharapkan tidak menciptakan pengangguran baru. Lulusan akan disalurkan ke dunia-dunia usaha yang ada di Demak.

“Intinya kita akan membangun dunia usaha dan dunia industri yang ada di Demak. Jadi kita akan memberikan layanan seperti apa yang masyarakat butuhkan,” pungkasnya.

Senada, Ketua Jurusan Teknik Mesin PNJ Muslimin menyampaikan, tidak ada perbedaan dari induk, baik dalam segi kurikulum dan peralatan.

“Jadi meskipun tempat belajarnya berbeda, yang satu di Jakarta dan satunya di Demak, tapi dari segi kurikulum dan peralatan tetap sama, kami akan menjaga kualitas,” ujar Muslimin.

Menanggapi kunjungan dari PNJ, Bupati Demak HM Natsir merespon positif dengan memberikan izin terkait pelaksanaan program PSKDU, karena sangat membantu masyarakat.

“Karena ini kegiatan baik, tentu kami akan merespon baik. Masyarakat akan terbantu dengan adanya PSKDU, karena lulusan dapat tersalurkan ke dunia kerja,” ujarnya. (hms/why)

Selamat Hari Pahlawan

BERI TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here