Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerima penghargaan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sebagai Pemerintah Daerah (Pemda) Pendukung KUR Terbaik 2019. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan penghargaan tersebut menjadi motivasi agar lebih baik dan lebih peduli kepada usaha kecil menengah.

‘’Ya, kita mudah-mudahan lebih baik lagi, lebih peduli pada yang kecil,’’ kata Ganjar saat ditemui usai acara Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik Provinsi Jawa Tengah di Hotel Patra Jasa Semarang, Kamis (19/12/2019) malam.

Ganjar menjelaskan, KUR (Kredit Usaha Rakyat) ini hebatnya luar biasa tetapi sering tidak sampai atau tidak tepat sasaran. Maka sejak awal menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, ia terus mendorong program KUR untuk mengembangkan UKM di Jawa Tengah.

‘’Kami terus dorong karena (KUR) ini yang ditunggu rakyat. Di Jateng ada Kredit Mitra Jateng (KMJ) dari Bank Jateng yang dialokasikan untuk KUR. Nilainya sekitar Rp 350 miliar atau Rp 10 miliar per Kabupaten/kota,’’ jelasnya.

Ada tiga hal yang dilakukan Pemprov Jateng untuk mengembangkan UKM. Pertama, memberikan pelatihan, kedua memberikan akses modal, dan ketiga memberikan pendampingan. Semua itu dilakukan agar ada peningkatan usaha penerima KUR.

‘’Pengusaha kecil biasanya yang penting mereka bikin (produk), skill dan knowledge tidak punya, maka kami berikan pelatihan misalnya soal packaging. Lalu akses modal yang sulit kita permudah. Setelah itu tidak kami lepas begitu saja, maka kami beri pendampingan. Intinya agar UKM ini naik kelas,’’ ungkap Ganjar.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, pencapaian positif pada program KUR ini tak terlepas dari kerja sama yang kuat antara para pihak yang telah mendukung KUR. 

‘’Sinergi antara pusat dan daerah, serta sektor publik dan swasta membentuk harmoni dalam pelaksanaan program KUR. Hal itu yang kemudian diwadahi oleh dukungan teknologi dan informasi melalui Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) yang menjadi basis data dan membantu memastikan ketepatan sasaran program KUR,” ujar Airlangga dalam acara KUR Award di Jakarta, Kamis (19/12).

Adapun, kriteria penilaian yaitu terkait pemenuhan tugas-tugas terkait program KUR dan upaya pendukung penyaluran KUR sektor produksi. Penetapan pemenang melalui penilaian aspek kualitatif, berdasarkan dokumen, presentasi, dan wawancara.

Hasil penilaian menempatkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebagai Pemda Pendukung KUR Terbaik Pertama bersama Provinsi Kepulauan Riau dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada terbaik kedua dan ketiga.

Sementara Pemerintah Kabupaten/Kota di Pulau Jawa sebagai Pendukung KUR terbaik 2019 secara berurutan adalah Pemerintah Kota Yogyakarta, Kabupaten Purworejo, dan Kabupaten Kulon Progo.

Untuk Pemerintah Kabupaten/Kota Luar Pulau Jawa sebagai Pendukung Program KUR Terbaik 2019 adalah Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Bangli, dan Kabupaten Sidenreng Rappang. (ist)

selamat dan sukses 4 tahun kepemimpinan walikota dan wakil walikota

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here