TERNATE – Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, meminta seluruh santri untuk turut membentengi NKRI. Hal itu dia sampaikan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional atau HSN 2021.

Apalagi, saat ini Indonesia masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Sehingga, para santri diminta untuk mendukung pemerintah dalam menangani Covid-19.

“Santri harus membentengi negara kita. Bisa memberikan keteduhan pada masyarakat yang saat ini masih banyak mempertanyakan, Covid-19 ini ada nggak sih sebenarnya. Kita memberikan contoh. Santri (membantu) memerdekakan negara, santri juga harus membantu menjaga kemerdekaan negara,” kata Taj Yasin saat diminta mengisi podcast Santri Logi di Ternate, Jumat (22/10/2021).

Lebih jauh, Taj Yasin meminta juga perlu memberikan contoh secara nyata kepada masyarakat. Menurutnya, salah satu cara yang paling nyata bagi masyarakat adalah menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, dia meminta Santri agar bisa menjadi mandiri. Dia menilai, dengan tema HSN 2021 ‘Santri Siaga Jiwa dan Raga’ ini dapat dimaknai bahwa santri perlu memiliki jiwa dan raga yang kuat.

“Artinya kita diminta untuk mempertahankan akhlak kita. Kita bisa bersinergi, bisa membuktikan bahwa santri mandiri,” tandasnya.

Di penghujung podcast, Taj Yasin juga mengatakan berniat membawa semangat Santri Logi ke Jateng. Namun dia meminta agar Santri Gayeng Nusantara (SGN) bisa dibawa ke Ternate.

“Terakhir, kalau di sini ada Santri Logi, nanti saya bawa ke Jateng Santri Logi-nya. Tapi saya minta juga di Ternate ada Santri Gayeng Nusantara-nya,” ujar dia. (Ars)

BERI TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here