WONOSOBO – Tim Gabungan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Wonosobo masih menemukan warga yang enggan memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Hal itu diketahui saat tim melakukan razia di sejumlah pusat keramaian, Kamis (25/6/2020).

Menurut catatan petugas, setidaknya ada 85 orang yang tidak memakai masker di kawasan Pasar Leksono dan Pasar Selomerto. Petugas memberi sanksi di tempat bagi mereka yang membandel.

Kabid Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Kabupaten Wonosobo, selaku anggota tim, Hermawan Animoro, menyebut operasi tersebut menjadi bagian dari penegakan Surat Edaran Bupati Nomor 510/118/2020, tentang pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

“Bagi pria, terutama yang masih remaja dan kuat secara fisik, kami terapkan sanksi push up, namun bagi kaum wanita atau anak-anak, kami meminta agar segera membeli masker di penjual terdekat agar mereka terlindung dari risiko penularan virus corona,” ujarnya.

Razia dilakukan tim dengan personel dari Satpol PP, Kodim 0707, dan Polres Wonosobo. Para anggota terus mengedepankan upaya-upaya persuasif untuk memberikan pemahaman kepada warga akan bahaya Covid-19 di sekitar mereka.

Sebenarnya, lanjut Hermawan, warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan sudah paham terhadap aturan yang berlaku.

“Mereka bandel ada yang sengaja, ada juga yang mengaku lupa membawa masker,” paparnya.

Menyadari minimnya kesadaran warga, pihaknya berkomitmen akan terus menyosialisasikan tentang pentingnya protokol kesehatan.

“Perkembangan penanganan Covid-19 di Kabupaten Wonosobo terhitung bagus. Penerapan tatanan kehidupan baru ini, jangan sampai justru menjadi bumerang lantaran masyarakat cenderung abai terhadap protokol kesehatan,” tandasnya. (hms/why)

hidup 100% di era new normal sadar sehat produktif dan bahagia tanpa narkoba

BERI TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here