TEMANGGUNG – Program TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2021 di Desa Wonoboyo, Kecamatan Wonoboyo, Temanggung, Jawa Tengah, diprioritaskan pada penyadaran bahaya Covid-19 dan langkah-langkah dalam mencegah penularan.

Dandim 0706/Temanggung Letkol CZI Kurniawan Hartanto mengatakan, peningkatan penularan dan kasus Covid-19 di Kabupaten Temanggung dalam beberapa waktu terakhir menjadi keprihatinan semua pihak termasuk TNI, sehingga dimasukkan dalam Program TMMD.

“Kami konsen dalam penanganan Covid-19, bahkan dari pencegahan penularan dan pemahaman, kesadaran bahaya Covid-19,” kata Dandim, saat ditemui di sela-sela pembukaan TMMD, Selasa (15/6/2021).

Ia mengatakan, salah satu bentuk keberpihakan dalam penanganan Covid-19 adalah dimasukannya sosialisasi bahaya Covid-19 pada kegiatan nonfisik. Materi diisi oleh TNI dan pelibatan semua stakeholder, seperti Dinas Kesehatan, tenaga medis, dan Satgas Covid-19.

“Kami berharap tumbuhnya kesadaran di masyarakat akan berdampak pada tingginya tingkat kesehatan masyarakat. Setidaknya tidak ada penularan atau tidak ada kasus,” tambahnya, sembari mengatakan jika ada kasus, warga diharap sigap dalam penanganan.

Dandim menambahkan, kegiatan nonfisik lainnya adalah sosialisasi untuk wawasan kebangsaan dan Undang-undang Lalu lintas dan kenakalan remaja, selain layanan Keluarga Berencana (KB).

Adapun sasaran fisik TMMD adalah betonisasi jalan sepanjang 700 meter dan lebar empat meter, senderan sepanjang 177,60 meter dan sasaran pendamping rehab RTLH dua unit yang dibiayai dari Baznas dan Bapas Temanggung serta pembuatan gorong-gorong sebanyak empat unit dengan panjang 5m x diameter 0,50 meter.

Untuk sumber anggaran TMMD dari APBD Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp251 juta, APBD Kabupaten Rp500 juta dengan total Rp 751 juta.

Sedangkan personel yang terlibat, untuk Kodim 0706/Temanggung 33 orang, staf Satgas tujuh orang dan Polres Temanggung lima orang yang didukung Linmas 10 orang dan Tim asistensi penyuluh enam orang dengan didukung masyarakat 269 orang.

“Kami berharap, hasil TMMD dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, selain peningkatan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” pungkasnya.

Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo mengatakan, TMMD sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi masyarakat.

“TMMD fisik berupa jalan sangat berguna, karena menghubungkan antardesa dan kecamatan. Dan diharapkan masih ada dan ada sinergitas yang lebih baik antara TNI dan masyarakat,” katanya.

Selamat Hari Pahlawan

BERI TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here