MAGELANG – Danrindam IV/Diponegoro Kolonel Inf Tarsono mewakili Pangdam IV/Diponegoro menutup latihan Pratugas Satuan BKO Kodim persiapan Gelombang III TA 2021, wilayah Kodam XVII/Cenderawasih dan Kodam XVIII/Kasuari.

Kolonel Inf Tarsono mengatakan, latihan pratugas merupakan bekal awal penugasan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan personel pengganti satuan BKO di wilayah Indonesia bagian Timur.

Hal ini diharapkan dalam penugasan para prajurit terhindar dari kesalahan prosedur yang dapat mengakibatkan kerugian personel maupun materiel.

“Selama penugasan nanti ada sebanyak 88 prajurit yang terbagi di dua Kodam,” ujar Danrindam di Aula A Yani Mako Rindam IV/Diponegoro, Rabu (9/6/2021).

Menurutnya, puluhan prajurit tersebut memiliki tugas yang tidak ringan, diantaranya adalah menyiapkan lahan untuk Kodim baru, melaksanakan koordinasi dengan tokoh masyarakat, dan menjaga stabilitas keamanan.

Kemudian, mengedukasi wawasan kebangsaan kepada warga setempat, membantu Pemda menyiapkan rakyat sebagai komponen pendukung, dan membantu menangani bencana alam serta kerusuhan sosial di wilayah penugasan.

“Saya yakin dan percaya, melihat pencapaian latihan yang sangat baik ini sesuai laporan, maka kalian pasti mampu melaksanakan tugas secara maksimal selama di daerah penugasan masing-masing,” ujarnya.

Ia mengatakan, menjelang pemberangkatan Satgas ke daerah operasi, para prajurit ditekankan agar memanfaatkan waktu yang ada untuk konsolidasi sekaligus melaksanakan persiapan semaksimal mungkin.

“Pupuk selalu jiwa korsa, kekompakan dan soliditas satuan sehingga Satgas Satuan BKO Kodim persiapan ini benar-benar solid dan siap untuk berangkat tugas,” tandasnya. (Ars)

Selamat Hari Pahlawan

BERI TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here