SEMARANG – Dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 masih dirasakan sangat besar oleh masyarakat. Terutama di sektor UMKM, mulai dari sepi pelanggan, penurunan omzet, PHK, hingga gulung tikar.

Mengatasi persoalan tersebut Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo), berupaya membantu para pelaku usaha di Kota Semarang.

Salah satunya melalui beragam acara yang dikemas menarik di channel Youtube Semarang Pemkot. Seperti acara Ngobras (Ngobrol Bareng OPD Kota Semarang) yang membahas program dan pembangunan bersama para pelaku usaha di Kota Semarang.

Acara yang berkonsep live streaming tersebut berkolaborasi dengan pegiat wisata, khususnya pihak perhotelan yang terdampak pandemi Covid-19.

Acara lainnya, Dolan Kampung Semarang yang mengulas berbagai kampung-kampung tematik yang tak kalah menarik di Kota Semarang, Hobi Jadi Rejeki yang dibuat bagi para penghobi yang ingin menghasilkan rejeki, Ini Usahaku program seputar UMKM dan bisnis asal Kota Semarang, serta Local Hero yaitu program musik yang menampilkan para musisi lokal.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengapresiasi upaya yang dilakukan Diskominfo ini, dalam rangka membantu para pelaku UMKM dan musisi lokal dengan cara dipromosikan melalui kanal-kanal digital yang dimiliki oleh Pemkot Semarang.

“Pengikut sosial media Pemkot Semarang cukup banyak, dengan mengangkat mereka artinya membantu promosi usaha ke level yang lebih luas. Saya berharap upaya ini dapat dilakukan juga oleh OPD lain atau bahkan kecamatan dan kelurahan dengan mempromosikan aktivitas usaha yang ada yang ada di wilayahnya melalui media sosial,” katanya.

Sementara menurut Kepala Diskominfo Kota Semarang, Bambang Pramusinto, bahwa upaya yang dilakukan timnya ini sederhana, yaitu hanya memanfaatkan platform yang sudah dimiliki oleh Pemkot Semarang.

Namun ia berharap dapat memberikan dampak yang baik bagi para pelaku usaha di Kota Semarang.

Selain itu, terdapat program untuk mempromosikan Kota Semarang, yaitu program Dolan Kampung Semarang yang mengangkat tentang budaya, kesenian, serta keunikan dari kampung-kampung di Kota Semarang.

Seperti Kampung Tambak Lorok, Kampung Pecinan, Kampung Religi Syekh Kramat Jati. Sementara program Local Hero adalah salah satu program live streaming yang menghadirkan musisi-musisi lokal Kota Semarang.

Sejumlah musisi telah dihadirkan dalam acara tersebut, seperti Soegi Bornean, Rockstar, Rubber Heat, Glasstrick, Hendra Kumbara, Dageloss, Deserted, Maerock Band, Senopati Band. (Ars)

Selamat Hari Pahlawan

BERI TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here